Persiapan Pernikahan KUA

Apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan oleh calon mempelai laki-laki? Apa saja persiapan sebelum menikah untuk laki-laki? Apa saja persiapan diri sebelum menikah bagi laki-laki? Apa saja persiapan sebelum menikah menurut Islam untuk laki-laki? Apa saja persiapan calon pengantin pria? Apa saja persiapan menikah bagi laki-laki? Apa saja persiapan nikah bagi laki-laki itu? Untuk detail persiapan dan penjelasannya simak baik-baik tiap poin di bawah ini.

Persiapan Pernikahan KUA
Persiapan Pernikahan KUA

1. Persiapan Ilmu
Persiapan Sebelum menikah untuk laki-laki yang pertama adalah persiapan ilmu. Ilmu di sini diantaranya ilmu dalam berumah tangga ala Rasulullah, ilmu pernikahan, bagaimana kewajiban dan hak-hak suami, kewajiban kepala keluarga, kewajiban orang tua (karena kelak dia akan menjadi orang tua juga), kewajiban dan hak-hak istri, dan lain-lain. Termasuk juga ilmu bermasyarakat maupun ilmu yang berkaitan tentang muslimah juga lebih bagus jika bisa dikuasai. Sehingga nanti bisa mengarahkan sang istri dan mengajarkan tentang hal-hal lainnya. Atau kelak setelah menjadi suami istri bisa belajar mengaji bersama.

Persiapan Pernikahan KUA
Persiapan Pernikahan KUA

2. Persiapan Mental/Psikologis
Persiapan sebelum menikah untuk laki-laki yang kedua adalah persiapan mental atau psikologis. Bagi seorang suami hendaknya mempersiapkan diri dengan lebih lapang dan hati yang sabar. Karena kelak setelah menikah akan hidup bersama dengan si istri yang termasuk orang asing. Kenapa orang asing? Yah, karena memang sebelumnya tidak tahu karakter aslinya dan kebiasaan-kebiasaan kurang baiknya. Biasanya setelah 1 tahun menikah masing-masing baru terlihat karakter aslinya dan kebiasaan-kebiasaan kurang baiknya.

3.Persiapan Ruhiyah/Spiritual
Persiapan sebelum menikah untuk laki-laki yang ketiga adalah persiapan ruhiyah atau spiritual. Sebagai calon suami hendaknya lebih ditingkatkan amalan dan ibadahnya kepada Allah. Karena kelak setelah hidup bersama suami lah yang bertanggung jawab atas istrinya, baik bertanggung jawab terhadap akhlak sang istri maupun dalam mengamalkan ajaran agama.

Persiapan Pernikahan KUA
Persiapan Pernikahan KUA

info menarik tentang harga parcel pernikahan disini

4. Persiapan Fisik
Persiapan sebelum menikah untuk laki-laki yang keempat adalah persiapan fisik. Fisik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang suami tanggung jawab jelas bertambah, maka pekerjaan pun juga bertambah lebih banyak dan bervariasi.

 

About the author: Amatc

Related Posts