4 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Sariawan sering kali muncul menyerang disaat yang tidak diduga-duga. Tiba-tiba datang saja dan sangat mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung.

Walaupun tidak menyebabkan kematian, sariawan sangatlah mengganggu dan bahkan membuat kamu jadi susah makan, dan susah berpikir.

Sebenarnya, dibiarkan saja dan banyak minum air juga sudah cukup untuk membuat sariawan sembuh dengan sendirinya, namun ada beberapa obat sariawan alami yang dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan.

4 Pengobatan Alami Sariawan

Obat Sariawan

1. Air Kelapa

Senyawa elektrolit yang terdapat pada air kelapa dapat mengatasi panas dalam yang diderita. Oleh karena itu, sariawan mulut juga dapat disembuhkan dengan mengonsumsi air kelapa.

Selain itu, air kelapa juga mampu meningkatkan cairan tubuh yang berkurang akibat aktifitas harian.

Cukup dengan mengonsumsi air kelapa dalam kemasan yang dijual di supermarket sebanyak 3x sehari sampai sariawan sembuh dengan sendirinya.

2. Yoghurt

Produk fermentasi menggunakan susu disebut yoghurt dan minuman ini mempunyai kandungan bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Yoghurt sudah lama dipercaya sangat baik untuk pencernaan, oleh karena itu mereka yang sembelit direkomendasikan untuk mengonsumsi yoghurt.

Tetapi, tahukah Anda ternyata kandungan bakteri baik pada yoghurt juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk sariawan?

Cukup dengan mengonsumsinya secara rutin paling sedikit 2x setiap harinya, maka sariawan akan lebih cepat sembuh.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang uga disebut dengan aloevera mempunyai getah yang bersifat aspek astringent. Oleh karena itu dapat digunakan sebagai pembunuh bakteri pada sariawan agar infeksi berkurang.

Selain itu, lidah buaya tidak menimbulkan efek nyeri atau perih saat dioleskan pada sariawan. Anti inflamasi pada lidah buaya juga bisa mengurangi radang yang terjadi.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsinya secara langsung, Anda dapat mencampurkan aloevera dengan madu dan sari lemon untuk dikonsumsi.

4. Jeruk

Seperti yang diketahui oleh semua orang, jeruk adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C. Buah yang terkenal akan rasa asamnya ini memang dikenal di Indonesia sebagai obat sariawan alami yang terbaik.

Namun, ketika dikonsumsi saat mempunyai sariawan, maka Anda akan merasakan rasa perih yang sangat menyakitkan.

Tetapi tidak usah ragu untuk mengonsumsinya, karena sariawan pasti akan sangat cepat sembuh setelah mengonsumsi jeruk.

 

 

About the author: Amatc

Related Posts