Ketahui Manfaat Kopi untuk Kesehatan Anda

Manfaat Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki sangat banyak peminat di dunia. Kopi dibuat menggunakan biji kopi yang sudah melewati berbagai macam proses hingga menjadi bubuk kopi, jenis-jenis kopi yang ada didunia juga sangat banyak berdasarkan proses pembuatan dan rasanya.

Jika berbicara tentang kopi pasti yang sering kita pikirkan adalah kafein dan bisa menghambat tidur, tidak jarang kopi sering menjadi hidangan saat begadang nonton bola atau menemani menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dimalam hari. Kafein sendiri dapat memberikan efek bahagia pada tubuh dan dapat menghindarkan kita dari stres, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dari kopi.

Manfaat Kopi

Di artikel kali ini kami akan membahas tips kesehatan dari secangkir kopi yang kita minum, ada lebih dari sekedar kafein didalam kopi yang tentunya memiliki manfaat baik untuk tubuh, seperti antioksidan dan senyawa lainnya.

Melawan Oksidasi

Kandungan antioksidan dalam kopi mampu memberikan perlidungan bagi tubuh terhadap radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh Anda. Radikal bebas ini dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua dengan munculnya garis-garis halus dan keriput.

Memperpanjang Usia

Manfaat kopi yang satu ini memang terdengar sangat kontroversial dan tentunya mengundang rasa penasaran para peneliti. Beberapa studi yang dilakukan untuk membuktikan manfaat ini menunjukkan bahwa mereka yang meminum kopi setidaknya satu gelas setiap hari memiliki potensi hidup lebih lama daripada mereka yang tidak pernah mengonsumsi kopi.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kopi dapat mencegah beberapa penyakit yang dapat memicu kematian.

Memberi Efek Bahagia

Dalam hidup tentu kita akan selalu dihadapkan dengan pilihan dan masalah yang dapat membuat kita bingung dan stres. Bila sudah begini Anda bisa mencoba menenangkan diri agar terhindar dari stres dengan meminum secangkir kopi yang Anda suka. Penelitian di Universitas Hardvar menunjukkan bahwa meminum kopi bisa mengurangi risiko depresi hingga 20% dan risiko bunuh diri hingga 53% karena kopi bisa membuat penikmatnya merasa bahagia dan pastinya terhindar dari depresi dan stres.

Sumber Antioksidan

Kopi dapat memberi tubuh antioksidan dalam jumlah yang banyak. Dan lebih baik lagi jika Anda memperbanyak antioksidan tubuh untuk meningkatkan sistem imun dari buah-buahan dan sayur-sayuran segar, agar kebutuhan tubuh akan nutrisi lain juga terpenuhi.

Risiko Kanker Lebih Rendah

Manfaat kopi yang sangat menakjubkan selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko kanker. Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa mereka yang meminum kopi memiliki risiko kanker hati 40% lebih rendah.

Dalam studi lain juga melibatkan para penikmat kopi mendapatkan adanya penurunan risiko terserang kanker kolorektal hingga 15% pada beberapa orang yang meminum 4-5 cangkir kopi sehari.

Mencegah Alzheimer

Salah satu manfaat meminum kopi untuk orang dewas adalah dapat menghindarkan dari penyakit Alzheimer. Manfaat ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Chuanhai Cao dari Universitas South Florida, bahwa terdapat penuruan risiko terserang Alzheimer secara signifikan pada sekelompok paruh baya yang meminum tiga cangkir kopi perhari.

Khasiat Minum Kopi Lainnya:

  • Seorang peneliti dari Jepan melihat adanya peningkatan memori pada mereka yang minum kopi.
  • Kafein pada kopi dapat membantu membersihkan hati dan usus dari racun.
  • Merangsang pertumbuhan rambut pria dan wanita yang mengalami kebotakan.
  • Kafein dapat membantu menjaga mata tetap waspada saat berkendara.
  • Kopi dapat mengurangi nyeri pasca berolahraga hingga 48%.
  • Kopi bermanfaat untuk mengencerkan urin.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan meminum kopi. Meski bermanfaat konsumsi kopi tetap harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Mengonsumsi kopi berlebihan dan dalam kondisi penyakit tertentu dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk Anda.

About the author: Amatc

Related Posts