Chinatown San Francisco

Amerika Serikat merupakan tempat berkumpulnya berbagai bangsa dari seluruh dunia, tentu saja tidak terkecuali dari Cina. Imigran Cina yang datang ke Amerika pada sekitar tahun 1840-an kemudian mendirikan pecinan, salah satunya di San Francisco ini yang kemudian dalam perkembangannya menjadi pecinan terbesar di luar benua Asia. Chinatown San Francisco ini menempati sekitar 24 blok di sekitar wilayah Jalan Montgomery, Columbus Avenue dan The City Financial District. Gerbang Chinatown San Francisco disebut dengan Dragon Gate; berbentuk satu gerbang besar dengan dua gerbang kecil di kedua sisinya. Gerbang besar hanya boleh dilewati oleh para pejabat, sedangkan para rakyat biasa hanya diperbolehkan melewati kedua gerbang kecil yang ada di sisinya.

Di Chinatown San Francisco ini, anda akan merasakan sensasi seakan berada di Negeri Tirai Bambu karena toko-toko dan bangunannya kental akan unsur kebudayaan Cina, seperti misalnya salah satu bangunan terkenal di sana yaitu Bank of Canton yang memiliki bentuk bangunan tradisional Cina dengan cat berwarna merahnya yang khas. Selain mengunjungi Bank of Canton, Anda juga harus singgah di klenteng-klenteng yang ada di pecinan ini, seperti Tin How Temple yang berdiri sejak tahun 1852 dan merupakan klenteng terbesar di Amerika. Anda bisa mengunjungi klenteng ini setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. Klenteng tutup saat hari besar keagamaan dan untuk masuk ke klenteng ini tidak dipungut biaya. Namun, Anda tidak diperbolehkan mengambil gambar selama berada di dalam klenteng karena dapat mengganggu peribadatan. Selanjutnya tempat yang harus Anda kunjungi selama di Chinatown adalah Portsmoth Square.

Tempat ini merupakan sebuah taman luas yang biasanya digunakan oleh penduduk di Chinatown untuk sekedar bercengkrama, berpiknik, atau bermain catur Cina. Disarankan bagi Anda untuk datang ke Chinatown ini di musim gugur karena setiap tahun diadakan Autumn Moon Festival yang akan memanjakan Anda dengan berbagai pertunjukan Cina, bazaar, makanan, dan lain sebagainya.

How to Get There

Anda dapat menggunakan Cable Car The California Street Line dari The Financial District ke Chinatown San Francisco.

About the author: Amatc

Related Posts