Patung Buddha

Sewa Mobil di Bali

Patung Buddha

Sebuah patung Buddha dengan posisi tangan mudra dharmachakra
Terlepas dari cerita kosmologi Buddhis yang diukir di batu, Borobudur memiliki banyak patung dari berbagai Buddha. Patung-patung bersila itu duduk dalam posisi teratai dan disebarkan di lima platform persegi (tingkat Rupadhatu), dan juga pada platform paling atas (tingkat Arupadhatu).

Patung Buddha berada di ceruk di tingkat Rupadhatu, disusun dalam barisan di sisi luar langkan, jumlah patung menurun saat platform semakin berkurang ke tingkat atas. Langkan pertama memiliki 104 ceruk, yang kedua 104, yang ketiga 88, yang keempat 72 dan yang ke lima 64. Secara keseluruhan, ada 432 patung Buddha di tingkat Rupadhatu. Di tingkat Arupadhatu (atau tiga platform melingkar), patung Buddha ditempatkan di dalam stupa berlubang. Platform melingkar pertama memiliki 32 stupa, 24 kedua dan yang ke tiga, yang menambahkan hingga 72 stupa. Dari 504 patung asli Buddha, lebih dari 300 rusak (kebanyakan tanpa kepala), dan 43 lainnya hilang. Sejak penemuan monumen tersebut, kepala telah diperoleh sebagai barang kolektor, kebanyakan oleh museum Barat. Beberapa kepala Buddha sekarang ditampilkan di sejumlah museum, seperti Tropenmuseum di Amsterdam dan The British Museum di London.

Pergilah dari patung Budha Borobudur di Tropenmuseum, Amsterdam.

Patung Buddha tanpa kepala di Borobudur, sejak ditemukannya jumlah kepala Buddha telah dicuri dan berakhir di museum-museum di luar negeri.

Penjaga gerbang singa
Sepintas, semua patung Budha tampak serupa, namun ada perbedaan halus antara keduanya di mudra, atau posisi tangan. Ada lima kelompok mudra: Utara, Timur, Selatan, Barat dan Zenith, yang mewakili lima titik komposit kardinal menurut Mahayana. Empat langkan pertama memiliki empat mudra pertama: Utara, Timur, Selatan dan Barat, dimana patung Buddha yang menghadap satu arah kompas memiliki mudra yang sesuai. Patung Buddha di langkan kelima dan di dalam 72 stupa di atas panggung memiliki mudra yang sama: Zenith. Setiap mudra merupakan salah satu dari lima Dhyani Buddha; masing memiliki simbolisme tersendiri.

Paket Watersport di Bali

About the author: Amatc

Related Posts